Rabu, 02 September 2015

Tips Mencegah Kanker Dengan Menggunakan Ubi Ungu

Ubi Ungu
Tips Mencegah Kanker Dengan Menggunakan Ubi Ungu. Ubi ungu (ipomea batatas poiret) lebih dikenal sebagai bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sedap seperti kue, minuman, keripik, es krim dan lain-lain. Ubi jalar tidak mengandung lemak sama sekali sehingga makanan ini aman bila di konsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bahkan ubi jalar juga aman di konsumsi oleh balita yang masih berusia 6 bulan sebagai makanan pendamping asi karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan. Ubi ungu memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dari jenis ubi lainnya. selain itu, vitamin A dari 100 gram ubi ungu memiliki jumlah yang lebih banyak dari buah tomat, buah bit dan juga pada manfaat wortel.


Khasiat Ubi Ungu
  • Melancarkan aliran darah
    Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi ungu ini merupakan zat anti oksida yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
  • Mencegah Kanker
    Kandungan betakaroten, vitamin C dan E dapat berfungsi sebagai anti oksida yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.
  • Melancarkan Pencernaan
    Serat dan pektin yang ada dalam ubi ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi
  • Anti oksida
    Antosianin pada ubi ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti oksida, anti kanker, anti bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.
  • Anti Kanker
    Zat selenium  dan iodin dalam ubi ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti kanker.
  • Anti Bakteri
    Aktivitas anti bakteri dalam ubi ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding dari berbagai varietas blueberry.
  • Sumber Karbohidrat
    Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini bisa dijadikan pewarna pada makanan.
  • Diabetes
    Memang ubi ungu terasa ada rasa manis, tapi hal ini sangat mempengaruhi untuk pengobatan pada penderita penyakit diabetes. Dengan ubi ungu, penderita diabetes bisa menggantikan nasi atau karbohidrat dengan ubi.
  • Asma
    Memang penyakit asma tidak bisa terobati dengan sembuh total, tapi setidaknya kita mengobati sehingga tidak sesering kambuh, asma biasanya hidung sering mampet, dan paru-paru sulit untuk memompa udara. Dengan mengkonsumsi ubi ungu, anda bisa menggunakan ubi untuk mengatasi penyakit asma.
  • Menambah Berat Badan
    Dengan rasa manis dan karbohidrat kompleks serta vitamin yang terdapat pada ubu ungu bisa menambah berat badan anda. Selain itu  dengan mengkonsumsi ubi ungu maka otot-otot  pada tubuh anda akan terbentuk (dengan artian perlu latihan juga)
  • Sumber Vitamin A Terbaik
 Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A  yang tinggi. Vitamin menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A ini ditunjang  karena adanya kandungan beta karoten yang cukup  banyak. Di dalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dan menyediakan  200 % kebutuhan vitamin A  dalam  sehari untuk tubuh. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat beta karoten sangat banyak. Untuk beta karoten sendiri bisa didapatkan pula  pada  sayur dan buah-buahan yang berwarna oren, kuning , hijau dan ungu.



Berikut adalah manfaat kesehatan ubi ungu:


1. Melancarkan aliran darah 
Zat antosianin (pigmen warna ungu) merupakan zat antioksidan yang mampu menyerap polusi udara dan menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

2. Mencegah kanker
Kandungan betakaroten, vitamin C, dan E dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.

3. Melancarkan pencernaan
Serat dan pektin yang ada dalam ubi jalar ungu mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi.

4. Anti oksida
Antosianin pada ubi jalar ungu ini juga memiliki fungsi sebagai antioksidan, anti-kanker, anti-bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.

5. Anti-kanker
 Zat selenium dan iodin dalam ubi jalar ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti-kanker.

6. Anti-bakteri
 Aktivitas anti-bakteri dalam ubi jalar ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding berbagai varietas blueberry.

7. Sumber karbohidrat
 Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi jalar ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini juga bisa dijadikan pewarna alami makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar