Minggu, 20 September 2015

Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus).
Buah semangka memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, karena di dalam semangka memiliki kandungan nutrisi sangat tinggi. Oleh karena itu, buah semangka sangat ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah terjadinya Kanker
Buah semangka merupakan buah yang memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya kanker. Senyawa tersebut bernama lypocene. Lypocene terutama dapat mencegah terjadinya kanker payudara,  kanker paru-paru, kanker usus, kanker endometrium dan kanker prostat. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi yang mengandung banyak lycopene memiliki risiko lebih rendah terjadinya kanker tertentu, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi makanan yang mengandung lycopene.
  •  Mencegah Terjadinya Osteoporosis
Semangka merupakan buah yang memiliki banyak kandungan magnesium. Magnesium memiliki manfaat dalam membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.
  • Mencegah Terjadinya Dehidrasi
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa buah semangka merupakan buah yang sangat memiliki banyak air. Hal ini sangat baik dalam mengsuplai cairan ke dalam tubuh sehingga tubuh kita dapat terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Mengurangi Gula Darah
Manfaat Semangka Untuk Kesehatan
Adanya jenis Mineral dalam buah semangka seperti kalium dan magnesium, hal ini sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga gula dara akan mengalami penurunan.
  • Meringankan Gangguan Ginjal
Semangka merupakan buah yang baik dalam meringankan gangguan ginjal. Hal ini karena buah semangka merupakan sumber kalium yang baik. Salah satu manfaat Kalium adalah membantu dalam membersihkan racun yang terdapat dalam ginjal. Selain itu, kalium juga bermanfaat dalam membantu dalam mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, yang pada gilirannya dapat mencegah terjadinya kerusakan yang terjadi pada ginjal.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Buah semangka merupakan buah yang kaya akan kalium dan magnesium, adanya kandungan ini akan membantu  dalam mengontrol tekanan darah dan mempertahankan elektrolit dan keseimbangan asam dan basa tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Buah semangka juga merupakan sumber vitamin A dan beta karoten, sebagai mana buah atau makanan yang mengandung vitamin A lainnya, semangka juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Dengan mengkonsumsi buah semangka juga dapat mencegah terjadinya degenerasi makula.
  • Mengsuplay Produksi Energi
Semangka merupakan salah satu sumber yang sangat baik dari vitamin B6 dan vitamin B1,  adanya vitamin tersebut diperlukan dalam pembuatan energi.
  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa buah semangka mengandung lycopene, selain dapat mencegah perkembangan kanker, lycopene juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 7-10 porsi makanan yang mengandung  lycopene dalam seminggu, memiliki risiko 29% lebih rendah dari risiko penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 1,5 porsi diet kaya lycopene setiap minggu.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Semangka merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi kandungan air. Oleh karenanya buah ini sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C  bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada intinya akan melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit dan infeksi. 100g buah semangka terdapat 8.1mg yang mencukupi sekitar 13% dari total kebutuhan vitamin C dalam sehari.

 Adapun manfaat buah semangka untuk kesehatan antara lain:
1. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

2. Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat buah semangka dalam menjaga kesehatan ginjal yaitu karena adanya kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

3. Antioksidan
Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkan karena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

4. Mencegah sariawan
Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

5. Alternatif makanan rendah gula bagi penderita diabetes
Meskipun buah semangka manis, namun ternyata mengandung gula yang relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

 Manfaat Semangka Untuk Tubuh
  1. Dapat menemani program diet anda karena buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan air yang cukup banyak.
  2. Sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisasikan tekanan darah di dalam tubuh kita.
  3. Dapat mempergiat kerja jantung.
  4. Dapat membantu tubuh kita tetap sehat karena mengandung antioksidan (betakaroten dan vitamin C).
  5. Dapat merangsang keluarnya air seni lebih deras.
  6. Dapat menurunkan demam.
  7. Dapat mencegah sariawan dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar