Minggu, 27 September 2015

Manfaat Buah Nanas Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat Buah Nanas Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Buah nanas selain di konsumsi pelengkap rujak buah, ternyata buah nanas juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Yang memiliki nama latin Ananas comosus L Merr. Ini berasal dari Negara Brazil, America bagian selatan. Buah yang dijuluki dengan raja buah ini memiliki kandungan vitamin C dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Nanas Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah batuk akibat flu dan demam
Karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, Buah nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu, Sekali pun anda sedang menderita penyakit flu, Cukup efektif memanfaatkan buah nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam buah nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga penyakit batuk cepat sembuh.
  • Mencegah Osteoporosis
Nanas juga berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kehadiran mangan dalam buah ini terbukti mampu meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko masalah kerusakan tulang seperti osteoporosis. Mangan sangat penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.
  • Mencegah Hipertensi
Buah nanas segar sangat ampuh mengatasi penyakit darah tinggi. Jumlah kalium yang tinggi dan jumlah natrium yang rendah dalam buah ini menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh tetap normal.
  • Mencegah asma

Kandungan beta karoten pada buah nanas bermanfaat baik untuk tubuh. Di tengah proses pencernaan, beta karoten diubah menjadi vitamin A. Beta karoten diduga dapat meredakan risiko perkembangan penyakit asma.
  • Mencegah sel kanker
Manfaat ini bisa jadi didapat dari vitamin C yang memang diketahui sebagai anti oksida sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan beta karoten pada nanas juga diduga sebagai perlindungan terhadap kanker prostat dan kanker usus besar.
  • Mengatasi Ketombe
Selain manfaat di atas, buah nanas juga efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk mengatasi ketombe, campur perasan air nanas dan jeruk nipis, lalu pijatkan pada kulit kepala secara perlahan. Terapkan secara rutin, niscaya ketombe akan hilang.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan buah nanas sebagai berikut :
1. Air perasan buah nanas (Jus) : Cacingan, Radang tenggorokan, Beri-beri, Menurunkan berat badan, Masalah pencernaan.

2. Daun nanas di cuci bersih, Kemudian di tumbuk hingga halus, Balutkan pada yang sakit untuk luka bakar, Gatal dan bisul.

3. Ketombe : Sediakan 1/4 buah nanas yang masak, kemudian di kupas kulitnya, lalu di parut, peras dan saring. Kemudian tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan pada malam hari sebelum tidur, Dan keesokan paginya keramas dengan shampo, Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

4. Peradangan kulit : Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak, di kupas kulitnya lalu di parut. Kemudian hasil parutan tersebut dipergunakan untuk menggosok kulit yang bersisik dan kulit yang mengelupas. Lakukan 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur. keesokan paginya dicuci bersih. Lakukan setiap hari hingga sembuh.

5. Sembelit : Minum air perasan dari 3 biah nanas, Namun pilihlah buah nanas yang belum matang (Separoh matang) dengan sedikit Asam.

6. Menurunkan tekanan darah : Buah nanas bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadinya penimbunan pada pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

7. Menurunkan barat badan : Enzim proteiolitik pada buah nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga berbuah bersama feses. Selain dari itu, Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk dalam tubuh.

8. Mengobati asam urat : Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat tersebut. Namun jangan mengkonsumsi buah nanas terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat tersebut.

9. Mengatasi gangguan pencernaan : Kandungan serat dan vitamin C pada buah nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk dibuah keluar tubuh. Enzim protease pada bromelainya mampu mencerna protein.

10. Mengatasi perut kembung : Buah nanas mengandung bromelain, Suatu zat yang mampu membantu mencegah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain dari itu bromelain efektif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, Dan mengobati pembengkakan hidung pada saat mengalami infeksi sinusitis. Juga mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

11. Menguatkan tulang : Buah nanas adalah juga salah satu buah yang terkenal untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalam buah nanas dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih kuat dan padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengkonsumsi buah nanas dalam sehari.

12. Mencegah batuk akibat flu dan demam : Karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, Buah nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu, Sekali pun anda sedang menderita penyakit flu, Cukup efektif memanfaatkan buah nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam buah nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga penyakit batuk cepat sembuh.

13. Menjaga kesehatan gigi : Khasiat buah nanas bisa menjaga kesehatan gigi, Karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi dan penyakit gusi.

14. Untuk Kekebalan tubuh : Manfaat buah nanas bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah nanas yang berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang telah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa letih dan lelah.


Fakta Tentang Kandungan Nanas
  •  Komposisi alami nanas terdiri dari kalori, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan selenium), gula (glukosa, dekstrosa, fruktosa), dan vitamin (A, B1, B2, B6 , B12, C, E, K), dll
  • Rata-rata dalam 1 ounce atau 28 gram nanas kering terdapat 85 kalori, atau jika masih dalam keadaan basah butuh 165 gram nanas basah untuk mendapatkan kalori sejumlah tersebut.
  • Buah nanas mengandung lemak dan sodium dalam jumlah yang kecil serta tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, buah ini sangat baik bagi Anda yang sedang merencanakan diet untuk mengurangi berat badan.
  • Nanas merupakan sumber yang sangat baik dari Vitamin C atau asam askorbat. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa rata-rata terdapat 15 mg Vitamin C dalam per 100 gram nanas segar.
  • Hampir semua jenis vitamin B juga ditemukan dalam buah nanas. Hal ini membuat buah nanas menjadi salah satu buah paling sehat yang pernah dikenal.
  • Meski pun tidak mengandung lemak dan kolesterol, buah nanas mengandung jumlah gula yang cukup tinggi, yaitu 1,7 g (glukosa) dan 1,9 g (fruktosa) per 100 gram buah nanas segar.
  • Karena mengandung gula dalam jumlah cukup banyak, buah nanas tidak dianjurkan untuk di konsumsi pasien penderita diabates.
 
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar