Minggu, 13 September 2015

Mengenal Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan. Buah Tembikai atau yang lebih dikenal dengan Nama Semangka ini memiliki nama latin Citrullus Lanatus yang berarti ketimu-timunan atau Cucurbitaceae. Semangka adalah sumber antioksidan fenolik yang juga kaya akan karotenoid, likopen dan E-cucurbitacin (sebuah triterpen fitonutrisi anti-inflamasi dan asam amino, citrulline).

Berikut adalah nilai gizi yang terkandung dalam buah semangka.

  1. Kalori: Pada satu cangkir buah semangka yang dipotong-potong bentuk dadu hanya memberikan 46 kalori pada tubuh, sementara jumlah kalori per 100 gram nya hanyalah 30 kalori.
     
  2. Karbohidrat: Semangka menyediakan sekitar 7,5 gram karbohidrat di setiap 100 gram buahnya. Semangka juga mengandung gula alami bernama fruktosa yang merupakan senyawa pencipta rasa manis pada daging buah.
     
  3. Serat: Kandungan serat pada buah semangka sangat tepat untuk di konsumsi ketika Anda berupaya menurunkan berat badan, karena suplai serat diet dari buah semangka mencapai 0,4 gram.
     
  4. Vitamin: Buah semangka merupakan sumber vitamin B6 (phridoksin), vitamin B1 (tiamin) dan vitamin C yang secara keseluruhan akan menyuplai kebutuhan vitamin tubuh harian mencapai 19% atau 569 mg.
  5. Mineral: Semangka menjadi salah satu sumber potassium terbanyak dibanding buah-buahan lain yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu mineral lain yang terdapat dalam buah semangka adalah mangan, fungsinya untuk metabolisme dan membangun struktur tulang.
     
  6. Likopen: Senyawa ini tersimpan banyak dalam buah semangka. Setiap 100 gram buah semangka segar terdapat 4.532 mg likopen yang jauh lebih tinggi dibanding jumlah 2.573 mg likopen dalam buah tomat.
Manfaat buah semangka bagi tubuh

  • Mencegah Penyakit Diabetes
Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.
  • Mencegah Penyakit Kanker
Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita di haruskan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal
Pada umumnya kesehatan ginjal dapat terganggu akibat kotoran atau racun yang terdapat pada ginjal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara banyak mengkonsumsi semangka karena buah semangka banyak mengandung Kalsium (Ca) yang dapat membersihkan ginjal.
  • Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat lain yang kita dapatkan dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).
  • Menyehatkan Jantung
Menurut penelitian semangka merupakan salah satu buah penghasil likopen yang cukup banyak. Likopen juga mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat serta mencegah kerusakan sel tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.
  • Menghindari Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan
Dehidrasi di sebabkan oleh kandungan air yang kurang pada tubuh. Sedangkan semangka sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air, sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.
  • Melindungi dari sinar Ultraviolet
Karena sebagian besar komposisi semangka adalah air dan serat, serta likopen maka buah ini sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Semangka juga dapat melindungi kulit tubuh dari sinar UV. Karena kandungan likopen membantu kulit mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari sebanyak 40%.
  • Atas cacing perut di sistem pencernaan
Biji dari buah semangka ternyata juga bermanfaat. Biji semangka ini dapat dihancurkan dan dikeringkan. Hasilnya bisa dijadikan sebagai teh. Teh biji semangka ini dapat membantu membunuh dan mengurangi cacing pita yang terdapat pada sistem pencernaan.
  • Membuat kulit sehat berseri
Semangka kaya akan vitamin C dan A yang menjadi nutrisi baik bagi kulit. Memakan 2-3 potong buah semangka setiap hari memberikan manfaat baik bagi kulit. Asam amino yang terdapat dapat mengobati luka pada kulit dengan cepat.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Manusia Sebagai berikut :

1. Untuk menjaga Mata tetap sehat, hal ini  karena di dalam buah semangka mengandung betakaroten yang di proses menjadi Vitamin A. penglihatan manusia dapat bekerja dengan baik apa bila di dalam tubuh manusia tersebut terdapat kandungan Vitamin A yang cukup banyak.

2. Dapat melindungi tubuh dari Radikal Bebas. Udara kotor, asap rokok, asap kendaraan bermotor dan asap pabrik dapat memicu Radikal Bebas yang dapat mengancam kesehatan tubuh. senyawa karotenoid yang terdapat di dalam buah semangka ternyata dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia.

3. Mampu membuat jantung lebih sehat. Sumber likopen merupakan kandungan yang berperan penting di dalam buah semangka dan kandungan likopen mampu menjaga kesehatan tubuh seperti kesehatan jantung manusia.

4. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sumber vitamin C yang terdapat di dalam buah semangka ternyata juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Fungsi dari vitamin C untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai pencegah datangnya penyakit dari cuaca yang tidak menentu dan bahkan pada kondisi cuaca ekstrim.

5. Dapat mengurangi Lemak yang ada di dalam tubuh. kandungan citruline di dalam buah semangka mampu mengurangi lemak berlebih yang ada di dalam tubuh manusia. Hal ini karena kandungan citruline memberikan efek yang baik untuk pencegahan lemak berlebih.

6. Menjadikan Organ Ginjal selalu dalam keadaan sehat. Dengan konsumsi buah semangka setiap hari yang bisa anda lakukan akan membantu anda juga untuk membantu meningkatkan aliran urine untuk keluar dengan lancar. Proses kelancaran tersebut dapat memberikan kesehatan untuk Ginjal karena dapat bekerja dengan lancar.

7. Mampu memperkuat Tulang Tubuh. kalium yang terdapat dalam buah semangka ternyata mampu memperbaiki sel-sel tulang tubuh yang rusak dan membuat kembali lebih kuat. Fungsi dari Kalium sendiri berfungsi dengan baik untuk mempertahakan kalsium dalam tubuh manusia yang mampu menjaga tulang dan sendi-sendi lebih sehat sepanjang waktu.

8.  Dan manfaat lain seperti :
  • mengatasi kencing manis
  • untuk mencegah penyakit diabetes
  • mengatasi sariawan
  • membersihkan ginjal
  • atasi gangguan buang air
  • menurunkan demam
  • anti kanker
  • tingkatkan daya ingat
  • atasi rambut rontok
  • atasi jerawat, kudis dan biang keringat
  • kandungan senyawa aktif kukurbositirin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar