Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Tubuh, Secara umum olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah olahraga. “Olahraga” berasal dari bahas Prancis Kuno desport yang bermakna “kesenangan”, serta  berbahasa Inggris tertua ditemukan pada tahun 1300 yakni “segala hal yang mengasyikkan serta menghibur untuk manusia”. Olahraga adalah satu diantara sumber utama dari hiburan karenanya ada pendukung olahraga yang umumnya terbagi dalam beberapa besar orang dan bisa disiarkan lebih luas lagi lewat tayangan olahraga.

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh
  1. Menghalau Penyakit
    Aktivitas fisik atau olahraga tidak lagi banyak mendapat perhatian. Padahal olahraga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya.
    • Mencegah penyakit jantung dan stroke. Olahraga tiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Sebab aktivitas tersebut akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
    • Mengendalikan diabetes. Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes yang tidak memerlukan asupan insulin. Selain itu, untuk diabetes dapat pula dikendalikan melalui makanan.
    • Menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi beban tubuh, sehingga mampu menurunkan tekanan darah bagi yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.
    • Mencegah nyeri punggung. Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot, serta fleksibilitas tubuh berkat olahraga dapat membantu mencegah nyeri punggung.
    • Menangkal obesitas. Aktivitas fisik teratur mampu menekan lemak tubuh dengan membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar Jika dilengkapi dengan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit.
    • Menunda keterbatasan fisik saat usia tua. Olahraga seperti berlari atau latihan aerobik, terbukti dapat menunda keterbatasan fisik yang dialami pada lanjut usia.
    • Menekan risiko osteoporosis. Olahraga angkat beban secara teratur dapat membantu pembentukan tulang, sekaligus mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia seperti osteoporosis.
  2. Meningkatkan Kualitas Hidup
    Manfaat olahraga tidak hanya bermanfaat dari sisi kesehatan fisik, namun sekaligus meningkatkan kualitas hidup. Beberapa di antaranya :
    • Memperbaiki suasana hati. Ketika Anda merasa gundah atau menjalani hari yang penuh tekanan, maka berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran dapat membantu memperbaiki mood. Olahraga dapat menstimulasi zat kimia pada otak sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.
    • Menumbuhkan kepercayaan diri. Olahraga yang dilakukan secara teratur juga bermanfaat membuat Anda lebih percaya diri terhadap penampilan Anda.
    • Mengatasi stres. Penelitian terhadap efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi depresi dan ketegangan untuk mengatasi stres.
    • Membuat tidur lebih nyenyak. Apakah Anda sulit tidur pada malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.
    • Mengembalikan gairah seksual. Apakah Anda sering kali terlalu lelah atau tidak nyaman dengan bentuk tubuh pada saat akan berhubungan intim? Mulailah berolahraga untuk mendorong semangat sekaligus mendapatkan tampilan tubuh yang lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gairah untuk kaum perempuan dan menekan kemungkinan masalah disfungsi ereksi bagi kaum pria.
    • Menikmati waktu menyenangkan. Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan teman dan keluarga saat melakukannya bersama-sama.
Manfaat Olahraga Di Pagi Hari

1. Sirkulasi darah yang baik
Jalan pagi berfungsi sebagai latihan kardio halus dengan mempercepat detak jantung dan memompa darah ke setiap bagian tubuh. Latihan ini meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol dalam jangka panjang.

2. Kekuatan otot dan stamina
Jalan pagi membantu meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan daya dukung oksigen darah, sehingga meningkatkan stamina secara keseluruhan. Jadi, dengan teratur jalan kaki pagi tidak perlu khawatir lelah di siang hari.

3. Mengontrol gula darah
Jalan pagi adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah, terutama jika Anda seorang penderita diabetes dan gangguan insulin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association menemukan bahwa orang yang latihan di pagi hari menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

4. Peningkatan kualitas kulit
Banyak orang mengalami masalah kulit seperti jerawat, yang alasannya adalah polusi. Berjalan di pagi hari membantu kulit Anda untuk bernapas dalam oksigen yang bebas polusi dan kabut pagi memiliki efek pelembab pada kulit.
Vitamin D yang diserap dari matahari pagi juga sangat bermanfaat. Sementara Anda keringat, kulit pori-pori terbuka dan dibersihkan, memberi kulit yang lebih sehat, yang hasilnya bisa terlihat hanya dalam beberapa hari.

5. Kualitas tidur yang baik
Orang yang rajin jalan kaki di pagi hari juga lebih mudah tidur nyenyak di malam hari. Sebuah studi yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olahraga dilakukan pada pagi hari membantu dalam memprovokasi tidur pada malam hari.

6. Perbaikan metabolisme
Ketika tidur, metabolisme tubuh melambat sepenuhnya. Jalan pagi adalah cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa berjalan di pagi hari memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik daripada orang yang tidak berjalan sama sekali.
Hal ini memastikan bahwa Anda merasa lebih aktif, bersemangat dan waspada secara mental sepanjang hari. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang teratur dengan latihan pagi hari cenderung memiliki otak yang sangat tajam dan pengambil keputusan yang baik.

7. Kesehatan mental yang baik
Jalan pagi hampir sama manfaatnya seperti meditasi. Angin pagi yang segar dapat melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi dan kecemasan. Hal ini dapat menempatkan Anda dalam mood yang baik sepanjang hari.

8. Penyerapan vitamin D

Mandi atau berjemur sinar matahari pagi dapat membantu menyerap vitamin D yang berharga untuk tubuh, serta mengurangi risiko kekurangan kalsium dari tulang yang dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan osteopenia.

Manfaat Olahraga Malam Hari

Jika Anda tidak bisa melakukan olahraga di pagi hari, Anda bisa melakukannya di malam hari. Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Tidak hanya olahraga pagi saja yang baik untuk tubuh, melakukan olah raga di malam hari juga bisa meningkatkan kesehatan. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat melakukan olah raga di malam hari.

1. Tidur lebih lelap
Manfaat olahraga malam yang pertama yaitu dapat membuat tidur menjadi lebih lelap. Melakukan olahraga di malam hari tentunya bisa membuat tubuh membakar kalori lebih banyak dan membuat tubuh akan lelah dan mudah untuk beristirahat. Selain itu, dengan olahraga malam tidur Anda akan lebih nyenyak.

2. Membakar kalori makan malam
Manfaat melakukan olah raga di malam hari yaitu dapat membakar kalori makan malam. Olahraga yang dilakukan setelah makan tentunya akan membuat tubuh cepat untuk membakar kalori yang baru saja masuk dalam tubuh.

3. Menghilangkan stress kerja
Melakukan olahraga malam juga dapat membuat fikiran menjadi segar dan jernih kembali, beban kerja seharian bisa hilang dengan bantuan olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar