Minggu, 04 Oktober 2015

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan membuatnya banyak digunakan sebagai obat herbal. Buah mengkudu di Indonesia memiliki banyak nama; di pulau Jawa dikenal sebagai buah Kudu, Kemudu, Cangkudu dan Pace, sementara di daerah Bali disebut Wengkudu dan di pulau Madura orang-orang mengenalnya dengan sebutan buah Kondhuk. Apa pun namanya khasiat buah mengkudu telah  dikenal oleh lama sejak zaman nenek moyang kita. Sebenarnya, tidak hanya buah mengkudu yang memiliki khasiat bagi kesehatan, daun dan pohonnya juga sering digunakan sebagai campuran obat obatan tradisional.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah kanker
Keuntungan lainnya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini adalah melawan kanker. Ya, buah mengkudu merupakan buah anti kanker yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Adapun kanker yang bisa dicegah oleh buah mengkudu ini adalah kanker payudara dan kanker serviks.
  • Mengobati Tumor Dan Kanker
 Zat Aktif dalam buah mengkudu yang dapat menghambat sel kanker dan tumor.Karena suplai terhambat, maka tumor dan kanker dapat dimatikan. 
  • Mencegah alergi
Dalam Buah mengkudu terdapat scopoletin yang bertindak sebagai antihistamin. Scopoletin  tersebut telah terbukti efektif digunakan sebagai bahan pengobatan banyak gejala alergi seperti ruam pada kulit, gatal-gatal, asma, hidung tersumbat, mata merah berair, dan demam. Jadi, bagi anda yang memiliki masalah dengan alergi dapat mengambil obat yang terbuat dari buah mengkudu setiap hari.
  • Mengobati Hipertensi
Dua buah mengkudu yang telah masak di pohon dan satu sendok makan madu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Minum dan diulangi dua hari sekali.
  • Mengobati Batuk
Satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Cara membuat, kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring; diminum dua kali satu hari, pagi dan sore.
  • Menghilangkan Sisik pada Kaki
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Cara menggunakan, bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang di basahi dengan air hangat.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur dapat bermanfaat dalam meningkatkan imun tubuh atau biasa kita kenal dengan sebutan daya tahan tubuh, karena di dalam buah mengkudu mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga.
  2. Buah mengkudu juga dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh.
  3. Rutin mengkonsumsi buah mengkudu dapat bermanfaat dalam mencegah terkena tumor ganas.
  4. Buah mengkudu juga dapat digunakan sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan penyakit seperti batuk, flu, pilek, demam, dan sakit perut..
  5. Buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri
  6. Dapat menangkal serangan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh
  7. Dapat mencegah penyakit jantung
  8. Dapat meningkatkan stamina
  9. Mempercepat proses penyembuhan luka
  10. Membuat kulit halus dan mulus dengan dijadikan lulur
  11. Mencegah terjangkit penyakit rematik dan nyeri otot
  12. Antibakteri dan antimikroba sehinnga mampu mencegah bakteri berkembang biak didalam tubuh
  13. Dapat mengobati diabetes
  14. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
  15. Dapat mengobati radang sendi
Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu
Buah mengkudu memiliki kandungan yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, berikut ini merupakan beberapa jenis kandungan nutrisi yang terdapat pada kandungan buah mengkudu, diantaranya yaitu :
  1.   Zat nutrisi
    Di dalam tubuh manusia memerlukan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhannya seperti vitamin, protein, mineral dan yang lainnya.
        Senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti :
    •     Terpenoid
    Terpenoid adalah senyawa yang sangat bermanfaat dalam proses organic dan dapat digunakan sebagai zat pemulihan sel-sel tubuh.
    •     Scolopetin
    Scolopetin merupakan zat senyawa  yang berfungsi untuk mencegah peradangan dan dapat digunakan juga untuk obat alergi yang sangat ampuh.
  2. Zat anti bacterial
    Di dalam buah mengkudu juga terdapat kandungan zat anti bakteri, zat ini mampu membunuh bakteri-bakteri dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi tubuh seperti Pseudomonas, aeruginosa, protens, morgana, staphylococcus aureus, Escherichia coli dan juga bacillus subtilis.
  3. Zat anti kanker
    Di dalam buah mengkudu juga terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi, zat inilah yang dapat menghancurkan sel-sel penyebab kanker dan berbagai sel-sel abnormal.
  4. Zat asetil
    Zat asetil ini merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh karena berfungsi sebagai pembunuh kuman.
  5. Zat moridon
    Bagi anda yang mengalami susah buang air besar, buah mengkudu merupakan solusi yang tepat dalam mengatasinya karena buah mengkudu mengandung zat yang dapat melancarkan saluran pencernaan sehingga dapat memudahkan buang air besar.
  6. Zat soranjidiol
    Zat soranjidiol merupakan zat yang terkandung di dalam buah mengkudu yang terbukti sangat ampuh dalam mengatasi kesulitan buang air kecil.
  7. Zat terpenes
    Buah mengkudu mengandung zat terpenes, zat ini mampu meremajakan sel-sel dalam tubuh.
  8.  Zat hipokelemestik
    Zat ini berperan penting dalam mencegah dan menjaga tubuh dari serangan virus.
 Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar