Minggu, 11 Oktober 2015

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asma

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asma, Penyakit asma merupakan suatu penyakit kronis (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru paru di mana terdapat peradangan di dinding rongga bronchiale sehingga menimbulkan penyempitan saluran napas sehingga akhirnya seseorang mengalami sesak napas. penyakit asma ini biasanya disebabkan oleh bulu hewan,tepung sari bunga,aspek genetik,saluran pernapasan yang memang mudah terangsang,asap rokok dari perokok pasif dan aktif,infeksi saluran pernapasan dll.

Penyebab Asma

Ada beberapa orang yang menderita asma ringan, namun ada juga yang berat. Ada beberapa resiko berat yang dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti di bawah ini:
  • Keturunan ( biasanya penderita asma memiliki riwayat keluarga kandung yang memang menderita asma.
  • Orang yang menderita alergi (alergi bulu, debu, dan zat kimia)
  • Orang yang memiliki masalah berat badan berlebih.
  • Perokok berat dan perokok pasif.
  • Anak yang dilahirkan dari ibu yang menjadi perokok aktif selama hamil.
  • Orang yang sering terkena asap kendaraan.

Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dihindari penderita asma
  1. Udang - Udang beku kaya akan sulfit. Sulfit digunakan pada udang untuk mengawetkan dan mencegah flek hitam pada udang.
  2. Jeruk -Walaupun memiliki vitamin C tinggi dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, jeruk merupakan salah satu buah yang dapat menyebabkan serangan asma. Zat asam pada buah jeruk dapat memicu serangan asma.
  3. Buah dan sayuran kering - Buah-buahan kering hasil fermentasi bisa memicu terjadinya asma. Antara lain kismis, nanas, aprikot dan cranberry.
  4. Kentang kemasan - Makanan-makanan seperti kentang goreng beku dan kentang goreng kemasan memiliki tingkat sulfit yang tinggi.
  5. Sulfit - Makanan yang mengandung sulfit dapat memicu serangan asma pada 20 persen orang penderita asma. Sulfit terdapat dalam makanan sebagai hasil dari fermentasi dan ditemukan dalam makanan olahan. Makanan-makanan yang mengandung sulfit antara lain asparagus, daun bawang, pati jagung, telur, bawang putih, daun bawang, selada, sirop, salmon, produk dari kedelai, dan tomat. Makanan lain yang mengandung sulfit adalah asparagus, daun bawang, pati jagung, telur, bawang putih, selada, sirup maple, salmon, produk kedelai, ketimun, paprika, tomat, acar, paprika, manisan, dan lainnya mengandung sulfit yang bisa memicu serangan asma.
  6. Bir, anggur, sari buah dan teh - Bir, anggur, sari buah, dan teh mengandung asam sulfit yang tinggi yang bisa memicu asma.
  7. Susu - Susu diyakini bisa menyebabkan terciptanya kelebihan lendir di saluran napas seseorang. Jadi orang dengan asma yang memiliki masalah pernapasan, minum susu dapat membuat masalah menjadi lebih buruk. Susu menyebabkan alergi sehingga memicu asma. Mengkonsumsi produk turunan susu seperti mentega, keju, dan yogurt juga bisa memicu asma.
  8. Kacang tanah - Kacang tanah bisa menjadi salah satu makanan yang paling berbahaya untuk sebagian orang dengan asma. Bahkan gigitan kecil sudah dapat memicu serangan serius pada beberapa orang. Makanan yang terbuat dari gandum seperti roti dan sereal juga dapat menyebabkan masalah asma. Makanan lain yang mungkin perlu dihindari adalah ikan dan telur.
  9. Jus Lemon atau Limun Buatan - Meminum lemon atau air jeruk nipis sungguh jauh lebih bagus. Meski pun sedikit merepotkan, tetapi rasanya lebih segar dan pendertia asma dapat bernapas lebih lega.
Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Asma

  • Alpukat
Buah yang kaya akan antioksidan ini memang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas yang ada di udara dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh. Namun tahukah Anda bahwa buah alpukat ini juga baik untuk para penderita asma? Buah alpukat memang baik untuk penderita asma, ini dikarenakan di dalam buah asma terdapat kandungan L-glutathione yang dapat mencegah terjadinya asma bagi penderitanya.
  • Bayam
Sayur bayam menjadi makanan untuk penderita asma berikutnya. Sayuran yang terkenal dengan kandungan zat besinya ini mengurangi resiko kambuhnya asma dengan cara di konsumsi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata penderita asma kekurangan akan magnesium. Zat inilah yang terkandung dalam bayam, sehingga memungkinkan bayam untuk mencegah kembali kambuhnya asma pada tubuh. Para peneliti mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi 400 mg magnesium setiap harinya dapat mengurangi gejala asma. Baca juga Tempat Wisata di Manado
  • Makanan Kaya Omega-3
Ikan salmon yang kaya akan omega-3 dapat menjadi pilihan Anda bagi para penderita asma. Salah satu manfaat dari omega-3 ini adalah mampu meningkatkan kinerja dari paru-paru, sehingga sangat cocok sekali untuk penderita asma. Sumber omega-3 selain ikan salmon seperti ikan tuna, walnut, mackerel, dan sumber makanan lainnya. Bagaimana Tertarik mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3?
  • Jahe
Mungkin belum banyak orang mengetahui bahwa jahe mampu mencegah asma kambuh kembali. Jahe memang baik untuk mencegah flu atau demam, mengingat salah satu fungsinya untuk menghangatkan tubuh. Selain itu ternyata khasiat dari jahe ini mampu membersihkan saluran udara pernapasan serta mencegah peradangan. Bagi Anda para penderita asma dapat mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat atau juga sudah dicampurkan dengan makanan seperti roti jahe.
  • Brokoli
Sayuran hijau yang baik juga untuk kesehatan jantung yang satu ini ampuh dalam mencegah asma kambuh pada anak. Sebuah penelitian yang diungkapkan oleh sebuah sekolah kesehatan di Amerika Serikat yaitu UCLA’s David Geffen School of Medicine oleh Dr Marck Riedl menyatakan bahwa kandungan brokoli seperti kadar enzim yang mengandung antioksidan mampu meningkatkan saluran pernapasan. Antioksidan inilah yang bisa melindungi dari radikal bebas di udara.

Rekomendasi
Untuk mengenali atau mengetahui info lebih lanjut mengenai penyakit mata ikan anda bisa berkonsultasi langsung dengan kami. Anda bisa menghubungi 0812 2442 9800 atau bisa Klik Di Sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar