Kamis, 15 Oktober 2015

Mengenali Lebih Tenteng Penyakit Gondok

Mengenali Lebih Tenteng Penyakit Gondok, gondok adalah pembesaran yang abnormal pada kelenjar tiroid Anda. Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher Anda tepat di bawah jakun Anda. Meski pun penyakit gondok biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sebuah gondok yang besar dapat menyebabkan batuk dan membuat sulit bagi Anda untuk menelan atau bernapas.

Penyebab Penyakit Gondok
Gondok terkadang sulit ditemukan penyebabnya karena sangat beragam. Tetapi ada beberapa faktor yang umumnya bisa memicu penyakit ini. Di antaranya adalah:
  1. Hipertiroidisme dan hipotirodisme. Penyakit gondok dapat terjadi karena kinerja kelenjar tiroid yang berlebihan (hipertiroidisme) atau menurun (hipotiroidisme). Keduanya akan memicu pembengkakan kelenjar tiroid. Hipertiroidisme umumnya disebabkan oleh penyakit Graves. Sementara hipotiroidisme dapat di picu oleh kekurangan iodin atau penyakit Hashimoto. Penyakit Hashimoto dan penyakit Graves merupakan kondisi autoimun.
  2. Defisiensi iodin. Iodin dibutuhkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Zat ini dapat ditemukan dalam ikan, tiram, rumput laut, sereal, gandum, serta susu sapi. Karena kekurangan iodin, kinerja kelenjar tiroid akan menurun dan mengalami pembengkakan.
  3. Merokok. Asap tembakau yang mengandung senyawa tiosianat dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam memanfaatkan iodin.
Sejumlah faktor dapat menyebabkan kelenjar tiroid Anda membesar
  • Kekurangan yodium. Yodium yang penting untuk produksi hormon tiroid, dapat ditemukan terutama dalam makanan laut dan tanah di wilayah pesisir. Di negara berkembang, orang-orang yang tinggal di pedalaman atau pada ketinggian sering kekurangan yodium dan dapat mengembangkan penyakit gondok ketika kelenjar tiroid membesar.
  • Penyakit Graves'. Penyakit gondok kadang-kadang dapat terjadi ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme). Pada penyakit Graves, antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang kelenjar tiroid Anda, menyebabkan ia menghasilkan kelebihan tiroksin. Overstimulasi ini menyebabkan tiroid membengkak.
  • Penyakit Hashimoto. Penyakit gondok juga dapat disebabkan oleh tiroid kurang aktif (hypothyroidism). Seperti penyakit Graves', penyakit Hashimoto adalah gangguan autoimun. Tapi bukannya menyebabkan tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon, kerusakan Hashimoto tiroid Anda sehingga menghasilkan terlalu sedikit.
  • Gondok multinodular. Dalam kondisi ini, beberapa benjolan padat atau berisi cairan yang disebut nodul berkembang di kedua sisi tiroid Anda, sehingga pembesaran keseluruhan kelenjar.
  • Nodul tiroid soliter. Dalam hal ini, nodul tunggal berkembang di salah satu bagian dari kelenjar tiroid Anda. Sebagian besar nodul adalah non-kanker (jinak) dan tidak menyebabkan kanker.
  • Kanker tiroid. Kanker tiroid kurang umum daripada nodul tiroid jinak. Kanker tiroid seringkali muncul dengan pembesaran di salah satu sisi tiroid.
  • Kehamilan. Sebuah hormon yang dihasilkan selama kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG), dapat menyebabkan kelenjar gondok Anda memperbesar sedikit.
  • Peradangan. Tiroiditis adalah kondisi peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada tiroid. Hal ini juga dapat menyebabkan rendahnya produksi tiroksin.

Pencegahan Dan Obat Penyakit Gondok
Pengobatan gondok tergantung pada ukuran gondok, tanda-tanda, gejala, dan penyebab yang mendasarinya.
  1. Observasi. Jika gondok Anda kecil dan tidak menimbulkan masalah, dan tiroid Anda berfungsi normal, dokter mungkin menyarankan menunggu dan melihat pendekatan.
  2. Obat-obatan. Jika Anda memiliki hipotiroidisme, penggantian hormon tiroid dengan levothyroxine (Levothroid, Synthroid) akan menyelesaikan gejala hipotiroidisme serta memperlambat pelepasan hormon thyroid-stimulating dari kelenjar pituitari Anda, sering mengurangi ukuran gondok. Untuk peradangan kelenjar tiroid Anda, dokter mungkin menyarankan obat herbal gondok atau obat gondok tradisional atau mungkin juga obat yang sudah di resepkan dokter untuk mengobati peradangan. Untuk penyakit gondok yang berhubungan dengan hipertiroidisme, Anda mungkin perlu obat untuk menormalkan kadar hormon.
  3. Operasi gondok. Menghapus semua atau sebagian dari kelenjar tiroid Anda adalah pilihan jika Anda memiliki gondok besar yang tidak nyaman atau menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan, atau dalam beberapa kasus, jika Anda memiliki penyakit gondok beracun menyebabkan hipertiroidisme. Pembedahan juga merupakan pengobatan untuk kanker tiroid. Anda mungkin perlu untuk mengambil obat penyakit gondok setelah operasi, tergantung pada jumlah tiroid dihapus.
  4. Yodium radioaktif. Dalam beberapa kasus, yodium radioaktif digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Yodium radioaktif digunakan secara lisan untuk mencapai kelenjar tiroid Anda melalui aliran darah, menghancurkan sel-sel tiroid. Hasil pengobatan penyakit gondok pada ukuran gondok menjadi semakin berkurang, tetapi juga dapat menyebabkan kelenjar tiroid kurang aktif.
 
Rekomendasi
Untuk mengenali atau mengetahui info lebih lanjut mengenai penyakit mata ikan anda bisa berkonsultasi langsung dengan kami. Anda bisa menghubungi 0812 2442 9800 atau bisa Klik Di Sini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar